Makalah Usaha
Distro
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL……………………………………………………………………………………
DAFTAR
ISI……………………………………………………………………………………………
BAB I
PENDAHULUAN……………………………………………………………………………….
1.1 Latar
Belakang ……………………………………………………………………………………...
1.2 Identifikasi
Masalah ………………………………………………………………………………...
1.3 Pembatasan
Masalah………………………………………………………………………………...
1.4 Perumusan
Masalah…………………………………………………………………………………
1.5 Tujuan
Pembelajaran………………………………………………………………………………..
BAB II LANDASAN
TEORI. ..………………………………………………………………………...
2.1 Landasan
Teori……………………………………………………………………………………...
2.2 Metodologi
Pembahasan…………………………………………………………………………….
BAB III
PEMBAHASAN……………………………………………………………………………….
3.1 Bagan Kepengurusan
Distro……………………………………………………………………
3.2 Usaha Distro……………………………………………………………………………………
3.3
Tujuan…………………………………………………………………………………………..
3.4 Visi dan
Misi…………………………………………………………………………………...
3.5 Target
Pelanggan……………………………………………………………………………….
3.6 Waktu
Operasional……………………………………………………………………………..
3.7 Kesan / Counter
style…………………………………………………………………………..
3.8 Sumber-sumber Produk /
Bahan……………………………………………………………......
3.9 Produk Yang Di
Hasilkan………………………………………………………………….......
3.10 Perencanaan Laba / Rugi……………………………………..…………………………………
3.11 Analisa
Swot……………………………………………………………………………………
3.12
Manajemen……………………………………………………………………………………...
3.13
Model…………………………………………………………………………………………...
3.14 Strategi Pemasaran……………………………………………………………………………...
3.15 Taktik
Pemasaran……………………………………………………………………………….
3.16 Marketing
Mix………………………………………………………………………………….
3.17
Pemasaran………………………………………………………………………………………
3.18 Katalog………………………………………………………………………………………….
3.19 Tampilan
Web…………………………………………………………………………………..
BAB IV
PENUTUP……………………………………………………………………………………..
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang Masalah
Dengan semakin
berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan
yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka
suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan
masyarakat.Perumahan Komp.Nusa Indah merupakan perumahan yang relatif baru
dibangun dan mayoritas masyarakat di Perumahan tersebut adalah adalah
masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern. Mereka
seringkali mencari fashion-fashion ataupun kebutuhan lainnya yang ter up to
date.Daerah sekitar Perumahan ini sangat tepat untuk membuka usaha distro,
karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada
tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.Perusahaan Bisnis
Distro ini berdiri atas kerjasama serta keinginan tiga anak muda yang memiliki
hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang fashion, karena sering bertemu dalam
berbagai kegiatan di bidang fashion dan desain, tiga generasi muda ini
mencetuskan mendirikan sebuah usaha Distro yang dinamakan D’maddy yang berdiri
di kota Jakarta selatan. D’Maddy Distro didirikan untuk mempelopori kecintaan
generasi muda dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak &
cirri khas Indonesia.
1.2 Identifikasi Masalah
Sesuai dengan jenis usaha yang di
kelolanya yaitu "D’Maddy Distro " , terkait kiat menuju sukses dalam
menjalankan usaha ini, terdapat beberapa tata cara yang perlu diperhatikan
dalam menjalankan usaha ini.
Berkaitan dengan
judul makalah, maka masalah yang dapat diidentifikasi adalah sebgai beikut :
1. Apa saja hal
yang perlu diperhatikan untuk dapat memulai dan menjalankan usaha distro ini ?
2. Bagaimana
cara agar usaha distro ini dapat dikenal
oleh para anak muda ?
3. Bagaimana
cara agar usaha distro ini dapat
bertahan dan berkembang dalam penjualan?
1.3 Pembatasan Masalah
Untuk memperjelas ruang lingkup
pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada masalah :
1. Hal yang
perlu diperhatikan dalam memulai usaha distro
ini dan kiat-kiat dalam menjalankannya.
2. Konsep
pemasaran dalam usaha distro ini.
3. Hal-hal yang
perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu barang dan penjualannya.
1.4 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan
pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan
sebagai berikut :
1. Bagaimana
deskripsi dalam memulai dan menjalankan usaha distro ?
2. Bagaimana
deskripsi konsep pemasaran dalam usaha distro ?
3. Bagaimana
deskripsi hal-hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu barang dan
penjualan ?
1.5. Tujuan Pembelajaran
Kami menyusun karya tulis ini untuk
membahas atau mengetahui cara-cara atau kiat-kiat untuk menjadi wirausaha yang
sukses. Dan yang kami bahas dalam makalah ini adalah mengenai "Usaha
Distro". Tujuan kami memilih "Usaha Distro" sebagai bahan
pembahasan dalam karya tulis kami, adalah karena usaha distro merupakan usaha yang cukup menjanjikan di
tengah perkembangan mode-mode dalam urusan fashion anak muda jaman sekarang. Selain itu usaha
ini tidak begitu sulit bagi mereka yang memiliki kreatifitas dan berusaha
menuangkan idenya lewat model-model dan gambar-gambar . Kami berharap karya
tulis ini dapat bermanfaat dan menginspiransi bagi yang membacanya khususnya
bagi anda yang berniat untuk menjalankan usaha ini.
BAB
II
LANDASAN
TEORI
2.1. Landasan
Teori
Untuk menjadi
wirausaha tentu kita harus mengerti apa yang sesungguhnya dimaksud dengan
usaha, apa tujuan kita menjalankan usaha tersebut, dan bagaimana agar usaha
kita dapat berhasil. Usaha adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang
untuk memperoleh keuntungan dan keberhasilan dalam hal keuangan agar dapat
memenuhi kebutuhannya si pendiri usaha tersebut.
2.2. Metodologi Pembahasan
Metode yang digunakan dalam
penyusunan karya tulis ini adalah metode observasi, kepustakaan, dan
deskriptif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah penulis dapat
mengetahui gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta
gejala yang sudah diselidiki.
Adapun
langkah-langkah penyusunannya adalah sebagai berikut:
1. Menentukan
topik yang akan dibahas
2. Setelah itu
penyusun merumuskan masalah.
3. Mengumpulkan
data. Untuk mengumpulkan data, penulis menentukan dengan cara browsing melalui
internet
4. Penyusunan
makalah. Setelah tahap–tahap sebagaimana diuraikan diatas, maka langkah
selanjutnya adalah menyusun makalah agar tujuan dan manfaat dapat dikomunikasikan.
BAGAN KEPENGURUSAN DISTRO
Nama dan Alamat
Usaha
Nama Usaha : mahli Distro
Alamat
perusahaan : Jl. Teuku umar meulaboh aceh barat
No. Telp : (021)2305707
Nama dan Alamat
Pemilik
Nama
pemilik : mahlim tamhas
Alamat
pemilik :
Jl. Teuku umar meulaboh aceh barat
No. Telp : 081382312332
Personalia dan
Perlengkapan Kantor
Pemilik :
mahlim tamhas
Penanggung
Jawab :
Ai Roudotul Munawaroh
Sekretaris : Sonya Hutabarat
Bendahara : Doni Lukman Hakim
BAB
III
PEMBAHASAN
3.1. Usaha
Distro
Usaha yang akan dikembangkan diberi nama “D’Maddy
Distro”. Karena dengan nama tersebut mudah di ingat dan unik. Serta juga akan mengutamakan kualitas dan mutu dari
produk usaha yang dibuat.
3.2. Tujuan
Tujuan mendirikan D’Maddy Distro . hanya untuk
mencari laba(keuntungan) yang besar.menjadikan usahanya dikenal di Indonesia
sebagai satu-satunya usaha fashion yang mengedepankan kualitas, mutu, dan
kepuasan pelanggan.
3.3. Visi dan Misi
VISI
1. Menjadikan
sebuah jenis usaha distro yang maju dan kreatif dalam mengeluarkan setiap
desain dan barangnya.
2. Berusaha
memberikan yang terbaik dalam usaha urusan fashion baju guna memuaskan
konsumen,sehingga sepatu lukis kami lebih unggul.
3. Menyediakan
kwalitas barang/produk yang unggulan dan bersaing dengan mutu terbaik.
4. Menjadikan
sebuah distro yang terkenal didalam dan diluar daerah.
MISI
1. Menjual
produk berkualitas dan bermutu tinggi dengan harga yang cocok untuk kalangan
anak muda dan melalui pengolahan yang profesional demi kepuasan
pelanggan.sehingga banyak konsumen yang minat.
2. Pantang
menyerah demi kemajuan dan kepuasan konsumen.
3.Menjalin
kemitran kerja sama dengan pemasokdan penyalur yang saling menguntungkan.
4.Mengelola
usaha fashion sesuai dengan bisnis yang sehat dengan didukung oleh kreatifitas
dan imajinasi seseorang dan sumber daya
manusia yang professional guna mendukung gerakan generasi usaha muda.
Motto
MAHLI Distro
: “The Satisfied Of Customers Is
Number One”.
3.4. Target Pelanggan
Target pelanggan Distro ini adalah :
anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate.
Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.
3.5. Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan
usaha distro ini dibuka dari pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 21.00.
3.6. Kesan / Counter Style
Kesan yang
akan dibangun dalam melayani pelanggan
adalah ”Comfortable and High Quality Service” sehingga pelanggan merasa nyaman
berada di tempat pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali karena
pelayanan yang memuaskan.
3.7. Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku atau
supplier pakaian, mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin
dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik konsumen
tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari
pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.
3.8. Produk yang dihasilkan
Adapun kualitas produk atau mutu
produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
a. Berkualitas tinggi
dan dapat memuaskan konsumen,
b. Bermacam-macam
bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
c. Hasil sablon
sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
d. Harga
terjangkau oleh kemampuan konsumen,
e. kualitas
produk terjamin
f. sesuai dengan
selera masyarakat
3.9. Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
Biaya
1.Penyusutan
gedung dan peralatan
Rp. 7.000.000,-
2.Gaji pegawai Rp. 60.000.000,-
Jumlah : Rp. 67.000.000,-
Biaya variable/
produksi
Kulakan baju
grosir : Rp.
600.000.000,-
Jumlah : Rp.
600.000.000,-
Biaya-biaya lain
1. Listrik Rp. 12.000.000,-
2. Asuransi Rp. 11.000.000,-
3.Transportasi Rp.
6.500.000,-
4.Administrasi Rp.
6.500.000,-
5.Pajak Rp.
6.500.000,-
Website Domain Rp.
150.000,-
Total Modal
produksi : Rp. 36.850.000,-
TOTAL MODAL
(PENGELUARAN) Rp. 703.700.000,-
Pendapatan
Penjualan aneka
pakaian dan fashion : Rp. 960.000.000,-
TOTAL PENDAPATAN
: Rp. 960.000.000,-
PROYEKSI
LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Rp.
960.000.000,-
Total modal /
Pengeluaran : Rp. 703.700.000,-
TOTAL
KEUNTUNGAN BERSIH Rp.
703.700.000,-
3.10. Analisa SWOT
STRENGTHS (
KEKUATAN ) : WEAKS
( KELEMAHAN )
Kreativitas
Desain : Keterbatasan Kreasi
Inovasi
Desain : Tenaga
Kerja
Kemudahan
Promosi : Manajerial
Terbatas
Strategi
Strength Opportunities :
:
Strategi Weaks Opportunities :
Kekuatan melihat
peluang pasar : Peningkatan Tenaga Kerja untuk
memenuhi
permintaan pasar
OPPORTUNITIES (
PELUANG ) : THREATS
( ANCAMAN )
Perluasan Pasar
Sasaran : Banyaknya Pesaing
Efisiensi
Biaya : Trend
Cenderung Tidak Stabil
Maksimalisasi
Laba : Daya
Saing Harus Kompetitif
Strategi
Strength Threats : : Strategi Weaks Threats :
Terus berinovasi
untuk mencegah trend down : Peningkatan kemampuan manajerial
3.11.Manajemen
Modal yang kami butuhkan untuk
medirikan distro ini plus biaya operasional selama 1 bulan pertama adalah Rp
30.000.000,- dengan perkiraan laba bersih minimal Rp5.000.000,- per bulannya.
Persentase bagi hasil yang kami
tawarkan adalah 30% untuk pemodal dan 70% untuk pengelola, dengan demikian pemodal
diperkirakan akan mendapatkan keuntungan sedikitnya Rp 1.500.000,- perbulan.
3.12.Model
Anak-anak muda biasanya tidak mau
ketinggalan dalam hal berpakaian, mereka selalu berusaha mengikuti tren masa
kini. Kami memberikan model baju lengan pendek maupun lengan panjang Dan model
pakaian yang dijual di distro kami mengkuti perkembangan tren masa kini.
Seperti model gambar pada baju , biasanya distro menjual baju-baju dengan
gambar-gambar artistik yang sangat bagus dan digemari anak-anak muda.
Kami selalu mengutamakan kualitas
sablon yang tidak luntur maupun rusak. Contoh lain baju-baju pada distro
memiliki warna-warna yang menarik dan beraneka ragam. tentu para konsumen akan
puas dengan barang-barang yang ada di distro kami.
3.13. Strategi Pemasaran ( Segmenting, Targeting,
Positioning )
A.Segmentasi
Usaha baju distro yang dihasilkan, menawarkan variasi warna. Selain
itu desain fashion yang bisa di buat sesuai keinginan konsumen membuat fashion
distro kami jauh lebih unik. D’Maddy Distro juga menjadi semacam media untuk
mengekspresikan diri. Hal inilah yang membuat kami lebih cenderung memilih
segmen anak remaja khususnya siswa SMA, SMP, dan mahasiswa.
B.Targeting
Dengan segmen pasar tujuan yang kami
pilih, distro kami pembeli utamanya adalah anak muda, serta dijual secara online melalui website
dan FB yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup remaja masa kini.
C.Positioning
mahli
Distro diunggulkan dari segi kuantitas
dan kualitas barang. Design-design yang ada di distro kami pun lebih terlihat
khas dan original, selain desain yang bisa dirancang sendiri oleh konsumen,
kami juga menyediakan beberapa design pilihan yang selalu up to date sesuai
deengan moment dan trend yang sedang terjadi. Selain itu juga kami bersedia apabila
ada pelanggan yang ingin menggambar bajunya sendiri dengan keinginannya sendiri.
3.14. Taktik Pemasaran
Differensiasi
produk
Selain menggunakan bahan yang
berkualitas bagus, mahli Distro juga melayani pemesanan melalui internet.
Selain differensiasi produk berdasarkan media jenis baju, distro ini juga menggunakan bahan yang
berkualitas tinggi dan gambar yang beraneka ragam yang tidak mudah rusak
ataupun luntur.
3.15. Marketing mix
·Produk
Dalam penetapan produk, kami sangat
peduli dengan semua yang berkaitan
dengan produk yang di hasilkan. Hal ini terlihat dari pemilihan bahan, gambar,
maupun pembuatan bajunya tersebut secara langsung sehingga kami selalu
menghasilkan produk yang berkualitas. Produk yang kami tawarkan pun beragam
modelnya.
·Service
Pelayanan ( baik dalam proses jual
maupun purna jual ) juga merupakan salah satu indikator yang menyatakan bahwa
suatu bisnis sangat me-raja-kan konsumen dan tetap mengutamakan kepuasan
konsumen agar mereka menjadi loyal dan diharapkan menjadi pelanggan tetap.
Berikut adalah
bentuk service / pelayanan yang kami berikan kepada konsumen :
1. Memberlakukan
sistem retur ( pengembalian ) yang dikarenakan masalah teknis seperti salah
ukuran .
2.Memberikan
sistem diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu
3.Memberlakukan
sistem pembayaran dimuka yang disesuaikan
4.Pemesanan
produk bersifat customized atau sesuai keinginan konsumen baik model maupun
gambar.
5.Pemesanan yang
fleksibel melalui intenet, sms dan telefon
6.Hotline dalam
bentuk sms maupun telefon
Place
Selain membuka usaha toko di dekat
rumah , kami juga menjual baju distro via internet yaitu dengan menggunakan
website dan situs jejaring social facebook sehingga jangkauan pemasaran kami
sangat luas, mencakup pasar domestic dan luar negri.
Brand
Brand / Merk adalah sesuatu yang
menjadi ujung tombak yang akan memberikan kesan ( image ) pertama kali kepada
konsumen dan merupakan hal yang akan pertama kali dingat oleh konsumen selain hal
lainnya. Tentu saja pemberian merek harus yang mudah diingat dan mudah
diucapkan oleh konsumen.
Maka dari itu
distro ini diberikan merek “ mahli “ sebagai trademark produk.
3.16. Pemasaran
1.Melakukan
iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
2.Menjalankan
strategi pemasaran menggunakan teman sebagai media prantara.
3.Mempromosikan
melalui temen-teman dekat.
4.Membuat brosur
yang bisa di tempel dimana saja.
5.Bekerja sama
dengan toko sepatu lainnya hanya sekedar menitipkan barang dagangan.
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.
Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.