Kamis, 11 Januari 2018

makalah usaha distro

Makalah Usaha Distro


DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL……………………………………………………………………………………
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………………
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………………………….
1.1 Latar Belakang ……………………………………………………………………………………...
1.2 Identifikasi Masalah ………………………………………………………………………………...
1.3 Pembatasan Masalah………………………………………………………………………………...
1.4 Perumusan Masalah…………………………………………………………………………………
1.5 Tujuan Pembelajaran………………………………………………………………………………..

BAB II LANDASAN TEORI. ..………………………………………………………………………...
2.1 Landasan Teori……………………………………………………………………………………...
2.2 Metodologi Pembahasan…………………………………………………………………………….
BAB III PEMBAHASAN……………………………………………………………………………….
3.1         Bagan Kepengurusan Distro……………………………………………………………………
3.2         Usaha Distro……………………………………………………………………………………
3.3         Tujuan…………………………………………………………………………………………..
3.4         Visi dan Misi…………………………………………………………………………………...
3.5         Target Pelanggan……………………………………………………………………………….
3.6         Waktu Operasional……………………………………………………………………………..
3.7         Kesan / Counter style…………………………………………………………………………..
3.8         Sumber-sumber Produk / Bahan……………………………………………………………......
3.9         Produk Yang Di Hasilkan………………………………………………………………….......
3.10          Perencanaan Laba / Rugi……………………………………..…………………………………
3.11          Analisa Swot……………………………………………………………………………………
3.12          Manajemen……………………………………………………………………………………...
3.13          Model…………………………………………………………………………………………...
3.14          Strategi Pemasaran……………………………………………………………………………...
3.15          Taktik Pemasaran……………………………………………………………………………….
3.16          Marketing Mix………………………………………………………………………………….
3.17          Pemasaran………………………………………………………………………………………
3.18          Katalog………………………………………………………………………………………….
3.19          Tampilan Web…………………………………………………………………………………..
BAB IV PENUTUP……………………………………………………………………………………..






                                   

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang Masalah
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.Perumahan Komp.Nusa Indah merupakan perumahan yang relatif baru dibangun dan mayoritas masyarakat di Perumahan tersebut adalah adalah masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern. Mereka seringkali mencari fashion-fashion ataupun kebutuhan lainnya yang ter up to date.Daerah sekitar Perumahan ini sangat tepat untuk membuka usaha distro, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.Perusahaan Bisnis Distro ini berdiri atas kerjasama serta keinginan tiga anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang fashion, karena sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion dan desain, tiga generasi muda ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha Distro yang dinamakan D’maddy yang berdiri di kota Jakarta selatan. D’Maddy Distro didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak & cirri khas Indonesia.
1.2 Identifikasi Masalah
            Sesuai dengan jenis usaha yang di kelolanya yaitu "D’Maddy Distro " , terkait kiat menuju sukses dalam menjalankan usaha ini, terdapat beberapa tata cara yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha ini.
Berkaitan dengan judul makalah, maka masalah yang dapat diidentifikasi adalah sebgai beikut :
1. Apa saja hal yang perlu diperhatikan untuk dapat memulai dan menjalankan usaha distro ini ?
2. Bagaimana cara agar usaha distro  ini dapat dikenal oleh para anak muda ?
3. Bagaimana cara agar usaha distro  ini dapat bertahan dan berkembang dalam penjualan?
1.3 Pembatasan Masalah
            Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada masalah :
1. Hal yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha distro  ini dan kiat-kiat dalam menjalankannya.
2. Konsep pemasaran dalam usaha distro ini.
3. Hal-hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu barang dan penjualannya.
1.4 Perumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana deskripsi dalam memulai dan menjalankan usaha distro ?
2. Bagaimana deskripsi konsep pemasaran dalam usaha distro ?
3. Bagaimana deskripsi hal-hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu barang dan penjualan ?
1.5. Tujuan Pembelajaran
            Kami menyusun karya tulis ini untuk membahas atau mengetahui cara-cara atau kiat-kiat untuk menjadi wirausaha yang sukses. Dan yang kami bahas dalam makalah ini adalah mengenai "Usaha Distro". Tujuan kami memilih "Usaha Distro" sebagai bahan pembahasan dalam karya tulis kami, adalah karena usaha distro  merupakan usaha yang cukup menjanjikan di tengah perkembangan mode-mode dalam urusan fashion  anak muda jaman sekarang. Selain itu usaha ini tidak begitu sulit bagi mereka yang memiliki kreatifitas dan berusaha menuangkan idenya lewat model-model dan gambar-gambar . Kami berharap karya tulis ini dapat bermanfaat dan menginspiransi bagi yang membacanya khususnya bagi anda yang berniat untuk menjalankan usaha ini.




BAB II
LANDASAN TEORI
2.1. Landasan Teori
Untuk menjadi wirausaha tentu kita harus mengerti apa yang sesungguhnya dimaksud dengan usaha, apa tujuan kita menjalankan usaha tersebut, dan bagaimana agar usaha kita dapat berhasil. Usaha adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh keuntungan dan keberhasilan dalam hal keuangan agar dapat memenuhi kebutuhannya si pendiri usaha tersebut.
2.2. Metodologi Pembahasan
            Metode yang digunakan dalam penyusunan karya tulis ini adalah metode observasi, kepustakaan, dan deskriptif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah penulis dapat mengetahui gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta gejala yang sudah diselidiki.
Adapun langkah-langkah penyusunannya adalah sebagai berikut:
1. Menentukan topik yang akan dibahas
2. Setelah itu penyusun merumuskan masalah.
3. Mengumpulkan data. Untuk mengumpulkan data, penulis menentukan dengan cara browsing melalui internet
4. Penyusunan makalah. Setelah tahap–tahap sebagaimana diuraikan diatas, maka langkah selanjutnya adalah menyusun makalah agar tujuan dan manfaat dapat dikomunikasikan.







BAGAN KEPENGURUSAN DISTRO
Nama dan Alamat Usaha
Nama Usaha                       : mahli Distro
Alamat perusahaan             : Jl. Teuku umar meulaboh aceh barat
No. Telp                              : (021)2305707

Nama dan Alamat Pemilik
Nama pemilik                      : mahlim tamhas
Alamat pemilik                    : Jl. Teuku umar meulaboh aceh barat
No. Telp                               : 081382312332

Personalia dan Perlengkapan Kantor
Pemilik                                 :     mahlim tamhas
­Penanggung Jawab             :     Ai Roudotul Munawaroh
­Sekretaris                            :     Sonya Hutabarat
­Bendahara                           :     Doni Lukman Hakim







BAB III
PEMBAHASAN
3.1. Usaha Distro
            Usaha yang  akan dikembangkan diberi nama “D’Maddy Distro”. Karena dengan nama tersebut mudah di ingat dan unik. Serta  juga akan mengutamakan kualitas dan mutu dari produk usaha yang  dibuat.
3.2. Tujuan
            Tujuan  mendirikan D’Maddy Distro . hanya untuk mencari laba(keuntungan) yang besar.menjadikan usahanya dikenal di Indonesia sebagai satu-satunya usaha fashion yang mengedepankan kualitas, mutu, dan kepuasan pelanggan.
3.3. Visi dan Misi
VISI
1. Menjadikan sebuah jenis usaha distro yang maju dan kreatif dalam mengeluarkan setiap desain dan barangnya.
2. Berusaha memberikan yang terbaik dalam usaha urusan fashion baju guna memuaskan konsumen,sehingga sepatu lukis kami lebih unggul.
3. Menyediakan kwalitas barang/produk yang unggulan dan bersaing dengan mutu terbaik.
4. Menjadikan sebuah distro yang terkenal didalam dan diluar daerah.
MISI
1. Menjual produk berkualitas dan bermutu tinggi dengan harga yang cocok untuk kalangan anak muda dan melalui pengolahan yang profesional demi kepuasan pelanggan.sehingga banyak konsumen yang minat.
2. Pantang menyerah demi kemajuan dan kepuasan konsumen.
3.Menjalin kemitran kerja sama dengan pemasokdan penyalur yang saling menguntungkan.
4.Mengelola usaha fashion sesuai dengan bisnis yang sehat dengan didukung oleh kreatifitas dan imajinasi seseorang  dan sumber daya manusia yang professional guna mendukung gerakan generasi usaha muda.
Motto
MAHLI  Distro         :  “The Satisfied Of Customers Is Number One”.
3.4. Target Pelanggan
            Target pelanggan Distro ini adalah : anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.
3.5. Waktu Operasional
            Waktu untuk melakukan pelayanan usaha distro ini dibuka dari pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 21.00.
3.6. Kesan / Counter Style
Kesan yang akan  dibangun dalam melayani pelanggan adalah ”Comfortable and High Quality Service” sehingga pelanggan merasa nyaman berada di tempat pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali karena pelayanan yang memuaskan.
3.7. Sumber-sumber Produk / Bahan
            Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.
3.8. Produk yang dihasilkan
            Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
a. Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
b. Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
c. Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
d. Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
e. kualitas produk terjamin
f. sesuai dengan selera masyarakat
3.9. Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
Biaya
1.Penyusutan gedung dan peralatan                                                               Rp.   7.000.000,-
2.Gaji pegawai                                                                                                 Rp. 60.000.000,-
Jumlah :                                                                                                            Rp. 67.000.000,-
Biaya variable/ produksi
Kulakan baju grosir :                                                                                       Rp. 600.000.000,-
Jumlah :                                                                                                           Rp. 600.000.000,-
Biaya-biaya lain
1. Listrik                                                                                                           Rp. 12.000.000,-                                
2. Asuransi                                                                                                       Rp. 11.000.000,-                                        
3.Transportasi                                                                                                   Rp.   6.500.000,-
4.Administrasi                                                                                                  Rp.   6.500.000,-
5.Pajak                                                                                                             Rp.   6.500.000,-
Website Domain                                                                                              Rp.      150.000,-
Total Modal produksi :                                                                                    Rp. 36.850.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)                                                          Rp. 703.700.000,-
Pendapatan
Penjualan aneka pakaian dan fashion :                                                            Rp. 960.000.000,-
TOTAL PENDAPATAN :                                                                              Rp. 960.000.000,-
PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan                                                                                            Rp. 960.000.000,-
Total modal / Pengeluaran :                                                                            Rp. 703.700.000,-
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH                                                               Rp. 703.700.000,-
3.10. Analisa SWOT
STRENGTHS ( KEKUATAN )                            :  WEAKS ( KELEMAHAN )
Kreativitas Desain                                                 :  Keterbatasan Kreasi
Inovasi Desain                                                       :  Tenaga Kerja
Kemudahan Promosi                                             :  Manajerial Terbatas

Strategi Strength Opportunities :                           :  Strategi Weaks Opportunities :
Kekuatan melihat peluang pasar                            :  Peningkatan Tenaga Kerja untuk
                                                                                  memenuhi permintaan pasar

OPPORTUNITIES ( PELUANG )                         :  THREATS ( ANCAMAN )
Perluasan Pasar Sasaran                                         :  Banyaknya Pesaing
Efisiensi Biaya                                                       :  Trend Cenderung Tidak Stabil
Maksimalisasi Laba                                               :  Daya Saing Harus Kompetitif

Strategi Strength Threats :                                     :  Strategi Weaks Threats :
Terus berinovasi untuk mencegah trend down     :  Peningkatan kemampuan manajerial
3.11.Manajemen
            Modal yang kami butuhkan untuk medirikan distro ini plus biaya operasional selama 1 bulan pertama adalah Rp 30.000.000,- dengan perkiraan laba bersih minimal Rp5.000.000,- per bulannya.
            Persentase bagi hasil yang kami tawarkan adalah 30% untuk pemodal dan 70% untuk  pengelola, dengan demikian pemodal diperkirakan akan mendapatkan keuntungan sedikitnya Rp 1.500.000,- perbulan.
3.12.Model
            Anak-anak muda biasanya tidak mau ketinggalan dalam hal berpakaian, mereka selalu berusaha mengikuti tren masa kini. Kami memberikan model baju lengan pendek maupun lengan panjang Dan model pakaian yang dijual di distro kami mengkuti perkembangan tren masa kini. Seperti model gambar pada baju , biasanya distro menjual baju-baju dengan gambar-gambar artistik yang sangat bagus dan digemari anak-anak muda.
            Kami selalu mengutamakan kualitas sablon yang tidak luntur maupun rusak. Contoh lain baju-baju pada distro memiliki warna-warna yang menarik dan beraneka ragam. tentu para konsumen akan puas dengan barang-barang yang ada di distro kami.
3.13. Strategi Pemasaran ( Segmenting, Targeting, Positioning )
A.Segmentasi
            Usaha baju distro yang  dihasilkan, menawarkan variasi warna. Selain itu desain fashion yang bisa di buat sesuai keinginan konsumen membuat fashion distro kami jauh lebih unik. D’Maddy Distro juga menjadi semacam media untuk mengekspresikan diri. Hal inilah yang membuat kami lebih cenderung memilih segmen anak remaja khususnya siswa SMA, SMP, dan mahasiswa.
B.Targeting
            Dengan segmen pasar tujuan yang kami pilih, distro kami pembeli utamanya adalah anak muda,  serta dijual secara online melalui website dan FB yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup remaja masa kini.
C.Positioning
mahli Distro  diunggulkan dari segi kuantitas dan kualitas barang. Design-design yang ada di distro kami pun lebih terlihat khas dan original, selain desain yang bisa dirancang sendiri oleh konsumen, kami juga menyediakan beberapa design pilihan yang selalu up to date sesuai deengan moment dan trend yang sedang terjadi. Selain itu juga kami bersedia apabila ada pelanggan yang ingin menggambar bajunya sendiri dengan keinginannya sendiri.
3.14. Taktik Pemasaran
Differensiasi produk
            Selain menggunakan bahan yang berkualitas bagus, mahli Distro juga melayani pemesanan melalui internet. Selain differensiasi produk berdasarkan media jenis baju,  distro ini juga menggunakan bahan yang berkualitas tinggi dan gambar yang beraneka ragam yang tidak mudah rusak ataupun luntur.
3.15. Marketing mix
·Produk
            Dalam penetapan produk, kami sangat peduli dengan semua  yang berkaitan dengan produk yang di hasilkan. Hal ini terlihat dari pemilihan bahan, gambar, maupun pembuatan bajunya tersebut secara langsung sehingga kami selalu menghasilkan produk yang berkualitas. Produk yang kami tawarkan pun beragam modelnya.
·Service
            Pelayanan ( baik dalam proses jual maupun purna jual ) juga merupakan salah satu indikator yang menyatakan bahwa suatu bisnis sangat me-raja-kan konsumen dan tetap mengutamakan kepuasan konsumen agar mereka menjadi loyal dan diharapkan menjadi pelanggan tetap.
Berikut adalah bentuk service / pelayanan yang kami berikan kepada konsumen :
1. Memberlakukan sistem retur ( pengembalian ) yang dikarenakan masalah teknis seperti salah ukuran .
2.Memberikan sistem diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu
3.Memberlakukan sistem pembayaran dimuka yang disesuaikan
4.Pemesanan produk bersifat customized atau sesuai keinginan konsumen baik model maupun gambar.
5.Pemesanan yang fleksibel melalui intenet, sms dan telefon
6.Hotline dalam bentuk sms maupun telefon
Place
            Selain membuka usaha toko di dekat rumah , kami juga menjual baju distro via internet yaitu dengan menggunakan website dan situs jejaring social facebook sehingga jangkauan pemasaran kami sangat luas, mencakup pasar domestic dan luar negri.
Brand
            Brand / Merk adalah sesuatu yang menjadi ujung tombak yang akan memberikan kesan ( image ) pertama kali kepada konsumen dan merupakan hal yang akan pertama kali dingat oleh konsumen selain hal lainnya. Tentu saja pemberian merek harus yang mudah diingat dan mudah diucapkan oleh konsumen.
Maka dari itu distro ini diberikan merek “ mahli “ sebagai trademark produk.
3.16. Pemasaran
1.Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
2.Menjalankan strategi pemasaran menggunakan teman sebagai media prantara.
3.Mempromosikan melalui temen-teman dekat.
4.Membuat brosur yang bisa di tempel dimana saja.

5.Bekerja sama dengan toko sepatu lainnya hanya sekedar menitipkan barang dagangan.

1 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus