Sabtu, 27 Mei 2017

ALUR SISTEM INFORMASI AKUNTANSI



Alur Sistem Informasi Akuntansi pada Perusahaan yang bergerak di bidang Penyewaan Alat Berat
Oleh:
1.   Lintang Arsita Suci
2.   Athira Putri Firnanda
3.   Kamarullah
4.   Muhammad Riski


JURUSAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS ABULYATAMA
LAMPOH KEUDE, ACEH BESAR
2016


KATA PENGANTAR

Pertama-tama saya ucapkan puji syukur kepada tuhan yang maha kuasa, karena atas rahmat dan ridhonya lah tugas Sistem Informasi Akuntansi ini bisa kami selesaikan dengan baik.
Kami menyadari bahwa baik isi maupun cara penyusunan tugas ini belum sempurna. Kemungkinan salah ketik juga tak dapat di hindarkan. Oleh karena itu, segala saran dan kritik dari Dosen Pembimbing sangat kami harapkan. Demikianlah, mudah – mudahan tugas yang kami buat ini berguna dan dapat dimanfaatkan sebaik – baiknya.

Lampoh Keude, 26 Desember 2016

Penulis








Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penyewaan alat berat. Mereka mempunyai jenis alat seperti fibrator, dumptruck, eksafator, motorgrader. Untuk pekerjaan ini harus ready, yang rusak harus segera diperbaiki. Operator (sopir) melaporkan kerusakan ke bagian perbaikan dan perawatan, dan pihak perbaikan menginspeksi alat yang akan diperbaikan, jenis kerusakan,dan mengestimasi lamanya perbaikan. Pihak perbaikan melapor ke logistik, kemudian pihak logistik akan memeriksa adanya barang atau tidak di gudang. Apabila stok barang tidak ada, akan mengajukan pembelian ke bagian pembelian akan membuat purchase order ke pemasok.
Pemasok akan mengeluarkan faktur, dari pemasok ke logistik di buat sesuai jumlah barang sesuai faktur. Kemudian dari pemasok ke gudang di buat sesuai faktur. Gudang akan menyerahkan ke bagian perbaikan dan perawatan untuk segera dilakukan perbaikan.












PERUSAHAAN YANG MENYEWAKAN ALAT BERAT
DUMPTRUCK
EKSAFATOR
MOTORGRADER
FIBRATOR
PEKERJA/OPERATOR
 












Apabila terjadi kerusakan:
OPERATOR/SOPIR
 


LOGISTIK/GUDANG
PERBAIKAN/PERAWATAN
(Menginpeksi alat yg  
Akan diperbaikkan, apa
Saja jenis kerusakan, dan
Mengestimasi lamanya
Perbaikan



Apabila tidak ada stok barang di gudang, pihak perbaikan/perawatan mengajukan pembelian dan membuat            purchase order ke pemasok.

PERBAIKAN/PERAWATAN
LOGISTIK/GUDANG
BAGIAN PEMBELIAN
PEMASOK
PEMASOK
FAKTUR
Menentukan pemasok
faktur
faktur
Membuat bukti barang
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar